Perkumpulan Kesenian Irama Tjitra bekerjasama dengan @dinaskebudayaandiy mempersembahkan 'Langen Mandra Wanara: Jamadagni Mukswa' 

📅Jum'at, 11Agustus 2017 
⏰ 19.00 WIB - Selesai 
🏛 Pendapa Wiyatapraja, Komplek Kepatihan Danurejan 
💵 Gratis untuk Umum . 

[1890] 
LANGEN MANDRA WANARA Berkembang dari luar tembok Karaton, Pertunjukan ini begitu digemari Masyarakat hingga ke penjuru-penjuru desa. Membawakan wiracarita Ramayana, karya ini ditarikan dengan teknik tari gaya Yogyakarta dan dialognya dilantunkan melalui tembang Macapat lengkap dengan gending pengiring yang membangun suasana. 

Tidak Mau sembarangan membuat karya, KPH Yudanegara III (KPAA Danureja VII) membuatnya dalam bentuk jongkok (jengkeng), sebagai respon terhadap nilai-nilai yang diyakini di wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal inilah yang juga menyatakan bahwa Langen Mandra Wanara menjadi salah satu karya seni pertunjukan yang mampu menyatukan nafas kesenian di wilayah Kasultanan baik dari dalam maupun dari luar Istana. 

Dan 1900-1933 menjadi masa keemasan kesenian ini sebelum akhirnya tergeser oleh kesenian lain yang mulai bisa dinikmati di luar tembok Karaton.


edit

Tidak ada komentar: