#Event Perahu Art Connection & Visual Art Exhibition | 18 - 30 November 17 (Opening 18/11, Pkl 16.00WIB) | Galeri Umar Sidik, FSR ISI #Jogja

TETRIS
Apakah yang terlintas di pikiran jika mendengar “tetris”?
.
Mungkin bagi banyak orang, tetris mengingatkan sebuah permainan lama di Game Boy. Balok-balok dengan susunan tertentu akan berjatuhan. Pemain diminta menyusun balok hingga saling tepat mengunci dengan balok lain dalam susunan horizontal agar mendapat nilai. Sederhana jika dibanding games zaman sekarang dengan kualitas grafik mumpuni dan jalan cerita rumit.
.
Wikepedia dan vebma.com menyebutkan bahwa Permainan Tetris diciptakan Alexey Pajitnov tahun 1985 di Moskow. Awalnya Tetris dibuat untuk menghilangkan kesan serius komputer bagi para penggunanya. Sehingga komputerpun menjadi piranti fun. Tetris diambil dari kata Yunani “tetra”, berarti empat. Itulah sebabnya mengapa tiap balok yang berjatuhan terdiri empat bagian.
.
Kesederhanaan konsep permainan Tetris ternyata pernah menjadikannya sebagai permainan terpopuler sepanjang masa. Tak hanya di bumi, permainan ini bahkan pernah dimainkan di luar angkasa oleh seorang astronot Rusia bernama Aleksander Serebrov pada tahun 1993.
.
Selain menghibur, science.idntimes.com menyebutkan bahwa beberapa ahli mengklaim tentang dampak positif memainkan balok-balok Tetris. Seseorang yang kerap bermain Tetris akan mengalami penebalan korteks otak sehingga kemampuan kognitifnya menjadi lebih baik. Penelitian-penelitian juga mempublikasikan bahwa terapi dengan permainan Tetris akan mengurangi dampak psikologi dari kejadian traumatis dan membantu menyembuhkan beberapa kelainan mata. Lebih jauh lagi, Tetris dapat menjauhkan diri dari kecanduan kopi, rokok, dan alkohol.
.
Latar belakang di atas mengilhami Perahu Art Connection menggelar sebuah pameran seni rupa berjudul Tetris. Sebagai sebuah kelompok seni yang beranggotakan banyak seniman, tentu ada berbagai macam karakter yang mencoba digabungkan. Ibaratnya mereka adalah balok-balok berbeda bentuk yang harus disusun agar saling mengunci di bidang horizontal Tetris. Bidang horizontal yang sudah tertata ini disajikan dalam sebuah pameran yang siap untuk diapresiasi penikmat seni — view on Instagram http://bit.ly/2z90YV5



edit

Tidak ada komentar: