Malam Betcerita #2 | 7 Februari 2018 | @yogyatourium, Jl Gedongkuning Selatan 128 #Jogja

Storytelling | Barter Buku | Donasi Buku | Penerbit Buku Indie

Budaya bercerita lewat tutur telah diwariskan turun-temurun sejak nenek moyang kita, bahkan sebelum ditemukannya teks. Kita bisa mengetahui sejarah, bisa mengetahui cara hidup masyarakat, nilai-nilai kehidupan, penemuan-penemuan baru lewat cerita dari mulut ke mulut. Hal-hal tersebut dibawa lewat kisah heroik, kisah romantis, legenda setempat maupun dongeng-dongeng kancil.

Saat ini telah banyak cerita yang diwariskan lewat teks. Apalagi dengan perkembangan teknologi, teks atau kisah-kisah begitu mudah diakses. Fenomena kini orang-orang berkumpul bersama, tetapi diam memperhatikan layar masing-masing. Apakah kita telah jauh dari budaya bercerita lewat tutur? Ribuan buku berjejer rapi di perpustakaan menunggu si pembaca, mereka pasif jika tanpa pembacanya. Cerita yang telah dibaca pun pasif jika hanya tersimpan dalam ingatan. Kita bisa menghidupkan ingatan dan buku-buku yang bertumpukan dengan bercerita lewat tutur.

Malam Bercerita merupakan program Yogyatourium yang diadakan setiap bulan. Malam Bercerita memberikan ruang bagi siapa saja yang ingin membagikan pengalaman membaca atau mendengar cerita, bertutur baik kisah fiksi ataupun nyata pada teman disekitar. Malam Bercerita menjadi ruang sharing kisah dan diskusi ringan dari berbagai kalangan. Siapa saja bisa ikut bercerita dengan mendaftarkan diri saat hadir dalam Malam Bercerita.

Berikut penampil pada Malam Bercerita#2 :
1. Andro Meda Yohan Saputro - Barista
2. Dona Febrina Alfianty – Freelancer enumerator research SurveyMETER
3. Unu D Bone - Anggota Buku Bagi NTT regio Jogja dan koordinator gerakan membaca Tas Pustaka
4. Ahmad Jalidu – Pegiat seni dan buku
5. Chonie Prysilia – Pembuat film animasi dan pengrajin
.
#yogyatourium #creativespace #dagadudjokdja #malambercerita #sastra #acaraseni #literasi #acarajogja #jaringacara #storrytelling #barterbuku #donasibuku #bukuindie #tankinira #garudhawaca #bukubaginttregiojogja — view on Instagram http://bit.ly/2GOVPBP



edit

Tidak ada komentar: