Musrary #10 Bersama Sombanusa Kamis, 29 Maret 2018,...



Musrary #10 Bersama Sombanusa

Kamis, 29 Maret 2018, 19.00WIB

IVAA
Jl. Ireda, Gg. Hiperkes, Dipowinatan, MG1/ 188 A-B,
Keparakan, Yogyakarta

Adalah nama Muhammad asy'ari dibalik inisial musik Sombanusa, pemuda Ambon-Maluku, dia memainkan musik dan lagu tanpa menghilangkan cengkok timurnya, dia meliuk-liuk dengan perpaduan pesan damai, nasehat kehidupan serta bagaimana kita menjaga ruang hidup bersama juga temuan panjang di saat dia terlibat berbagai gerakan Agraria di Yogyakarta.

Memulai karir di dunia musik pada tahun 2009 dengan aliran hiphop, pria ini sempat berhenti bermusik untuk mendalami seni theater. Ia membentuk komunitas theater bersama kawan-kawan Maluku-nya yang diberi nama Kalesang Artsas (2016). Sampai akhirnya Asyari memutuskan untuk membuat Band (Asteroidea), pada 2017, yang beraliran Alternatif Blues.

Seiring berjalannya waktu Asyari memilih untuk ber-solo karir dan hijrah mendalami musik dengan karakter yang dibilang sangat bertolak belakang dengan genre musik sebelumnya.

Sering bergerak dalam kegiatan seni budaya serta tergabung dalam beberapa karya solidaritas membuat pria yang tengah sibuk menggarap mini album ini fokus untuk menulis dan menciptakan karya. Tujuannya memberikan pesan-pesan damai sebagai bentuk propaganda atas keresahannya, dimana aliran dari karya musik tersebut bebas diartikan oleh pendengarnya.

Hal menarik lagi pria ini sangat santun dengan penampilan yang sangat ramah, tetapi pengalan-pengalan liriknya sangat menohok sebagai peringatan telah terjadi kesewenangan atas ruang hidup masyarakat.

Salah satu lagu yang sering dia bawakan adalah lagu “Gadis dan Telaga” terinspirasi dari pengalaman personalnya sebagai relawan di Temon, Kulon Progo.

Mini konser Sombanusa ini merupakan edisi spesial memasuki seri yang ke 10, angka keberuntungan untuk kita tetap menjaga ruang hidup bersama, Musrary di mungkinkan mempertemukan berbagai lintas disiplin dengan pendekatan musik, selain penampilan musik kami juag membuka ruang-ruang dialog di sela konser.

Sumber:
Jagongan Media Rakyat
Festival Guyub Murub
.
CP:
Dwi Rahmanto | 274 375262, 62 81 904 151 776
.
#jogja #acarajogja #jaringacara #acaraseni #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2GgaRji


CONVERSATION

Back
to top