Guided Tour Pameran “Banda” Oleh: - Ipeh Nur...



Guided Tour
Pameran “Banda”

Oleh:
- Ipeh Nur Hanifah
- Alia Swastika

Sabtu, 9 Juni 2018 jam 16.00 wib
di Ruang Galeri Kedai Kebun Forum
Jl. Tirtodipuran No.3 Yogyakarta
Terbuka untuk umum dan gratis

Reservasi ke Uniph 085725809139

BANDA

Pulau Banda sebagai sumber rempah-rempah pala telah memunculkan narasi sejarah kolonialisme nusantara yang selalu dilupakan dalam buku-buku sejarah kita. Pada awal abad ke-17, di Banda telah banyak saudagar kaya yang mengeruk keuntungan dari perdagangan pala di Ternate Tidore. JP Coen, yang dikenal sebagai gubernur jenderal VOC yang berani dan kejam serta ambisius, kemudian datang dan merencanakan pembunuhan massal orang-orang Banda. Ribuan orang menjadi korban dari operasi yang dilakukan VOC tersebut. Sebagian orang berhasil melarikan diri ke beberapa pulau sekitar Banda Neira. Dalam rangkaian kekejaman ini adalah eksekusi khusus orang-orang kaya. Eksekusi tersebut bahkan tercatat dalam ingatan sebagai peristiwa dramatis, di mana JP Coen mengundang para samurai Jepang untuk memenggal kepala mereka, di sepanjang pantai di bawah hujan yang sangat deras.

Setelah orang-orang asli Banda terbunuh dan tersingkir, JP Coen mengorganisir datangnya buruh-buruh dari berbagai tempat, Jawa, Bali, Bugis, Celebes, dan sebagainya. Banda kemudian menjadi salah satu wilayah paling multikultur pada periode tersebut. Ipeh mencoba menggambarkan narasi tersebut sebagai upaya untuk kita membayangkan kekejaman yang terjadi di masa itu dalam pameran bertajuk “Banda” yang berlangsung di ruang galeri Kedai Kebun Forum, 20 Mei sampai dengan 9 Juni 2018.

#jogja #agendajogja #acaraseni #jaringacara #pameranseni #senirupa #vsco #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2Jofrxw


CONVERSATION

Back
to top