HASTAG MAGER @kinikoart | Opening 18 Juli 2018 pk...



HASTAG MAGER
@kinikoart | Opening 18 Juli 2018 pk 16.00WIB

Ketiga seniman yang akan mempresentasikan karya mereka ini rata-rata kelahiran ’90-an. Arif Hanung TS @555hanung (b. 1990), Cahaya Novan @cahaya_novan (b.1987) dan Erza Q-Pop @erzaqpop (b.1989). Maka rata-rata mereka masih berumur kurang lebih 30 tahun. Mereka yang lahir di tahun 90’an dikategorikan sebagai kaum millenials. Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Ketiga seniman yang akan berpameran ini juga sangat dekat dengan dunia teknologi, televisi berwarna dan juga gadget. Pada pameran mereka sebelumnya (pameran bersama) th 2016, di Bentara Budaya Yogyakarta, mereka mengusung tema HASTAG KZL.

Pameran bersama mereka di tahun 2018 ini tidak lepas dari perjalanan berkarya di HASTAG KZL tersebut. Pada pameran sebelumnya, HASTAG KZL, mereka berupaya menampilkan karya dan ambience sesuai tajuk yang mereka usung. KZL diartikan sebagai perasaan kesal, bete, murung akan kondisi tertentu. Pameran kali ini mereka klaim sebagai rangkaian kekaryaan pameran sebelumnya. Penikmat karya diajak untuk merefleksikan kembali dan membaca benang merah karya dari pameran HASTAG KZL ke HASTAG MAGER.

Karakter sosial dan berkebudayaan kaum millenials dikedepankan oleh mereka bertiga: disamping menggunakan tajuk yang sangat familiar dengan istilah kaum mereka, karya-karya mereka juga berdasarkan keahlian dan profesi yang tidak jauh-jauh dari dunia teknologi atau trend saat ini. Karya Arif TS Hanung sangat terinspirasi dari pekerjaan yang ia tekuni, yaitu matte painting (teknik layering) di dunia perfilman. Sementara karya Cahaya Novan sangat terkesan kontemporer dan mengesankan jiwa mudanya melalui distorsi-distorsi juga warna cerah pada media yang ia pakai. Lain halnya dengan Erza Q-Pop, ia sengaja menggunakan teknologi pada karya-karyanya. Teknik robotic hasil pemogramannya akan dipresentasikan oleh Erza di pameran HASTAG MAGER.

Pada kesempatan ini mereka mengajak @noris.subagyo untuk merespon karya kolaborasi yang bertumbuh.

#jogja #agendajogja #acaraseni #jaringacara #senirupa #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2LnQR0E


CONVERSATION

Back
to top