Pameran SANDANGAN Pembukaan: Selasa, 10 Juli 2018 / 19.00...



Pameran SANDANGAN

Pembukaan:
Selasa, 10 Juli 2018 / 19.00 WIB

Durasi pameran:
10 Juli - 10 Agustus 2018

Open daily:
Selasa - Minggu, 10:00 - 17:00WIB

Tempat:
Galeri Lorong
Jl Nitiprayan, Jeblok, Tirtonirmolo
Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Kurator:
Arham Rahman

Seniman:
Desita Anggina
Mella Jaarsma
Karina Rima Melati
Meta Enjelita

Meski seringkali dipergunakan secara bergantian, style dan fashion merupakan dua hal yang berbeda dan bukan kata yang saling bersinonim. Pada pakaian, misalnya, style adalah perbedaan cara menjahit atau perbedaan bentuk pakaian, sedangkan fashion, style yang lagi “naik daun”. Fashion merefleksikan “way of life” seseorang sekaligus parasit bagi style.

Fashion tidak pernah netral, tetapi diciptakan. Ia mempunyai nilai fungsi (penutup badan, penghalau dingin) dan bertaut dengan berbagai hal seperti pengalaman religius, pengalaman estetis, kebudayaan tertentu, ke pentingan moral, faktor politis, hingga kompetisi antar-korporat untuk dominasi pasar di dalam ranah budaya populer. Fashion memang selalu diasosiasikan dengan taste atau selera, tetapi selera itu dibentuk, historis, serta terkait dengan rezim tertentu.

Pameran ini bermaksud untuk mengeksplorasi asumsi-asumsi tersebut di atas, sembari dikaitkan dengan sejumlah gagasan lain yang direspons oleh masing-masing seniman. Kita hendak mengeksplorasi fashion, entah sebagai busana maupun bentuk-bentuknya yang lain. Ia bisa dihubungkan dengan akar kebudayaan tertentu, eksplorasi atas materialitasnya, hingga isu-isu khusus yang berkelindan di sekitarnya. Kita berangkat dari sebuah asumsi bahwa fashion bukanlah sesuatu yang terberi, taken for granted, melainkan sesuatu yang diciptakan.
.
#jogja #acaraseni #pameran #pameranseni #senirupa #jaringacara #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2IUqb5P


CONVERSATION

Back
to top