Pameran seni rupa DALAM TIGA BABAK 21 Oktober - 9 November...



Pameran seni rupa DALAM TIGA BABAK

21 Oktober - 9 November 2018

Pembukaan :
Minggu, 21 Oktober 2018 jam 19.00WIB

Tempat:
Ruang Galeri Kedai Kebun Forum
Jl. Tirtodipuran No.3
Yogyakarta

Seniman: Alfin Agnuba | Kurator: LIR

Terbuka untuk umum dan GERATIS!

Dalam Tiga Babak ini berangkat dari tiga kisah yang dekat dengan diri Alfin Agnuba: kisah keluarga di ujung akhir rezim Orde Baru, pergantian moda transportasi di daerahnya ketika rezim tersebut dimulai, dan kegelisahan Alfin sebagai seniman muda atas salah satu gerakan penting dalam sejarah seni rupa yang digawangi oleh seniman-seniman yang saat itu sebaya dengannya saat ini.

Kisah-kisah ini tersaji dalam tiga babak performans sembari Alfin mencetak karya grafisnya secara langsung di malam pembukaan. Kedekatan personalnya dengan kisah-kisah ini membuatnya memilih tiga pendekatan domestik dalam eksperimen proses cetak: ‘menyetrika’, ‘mencuci’, dan ‘memasak’. Pada babak pertama, ia melakukan cetak panas dengan kertas perak dan merangkai satu per satu kisah pertemuan ayahnya dengan seorang aktivis yang pertama kali membuatnya jatuh hati pada medium kertas. Pada babak kedua, dugaan-dugaannya atas berhenti beroperasinya stasiun Winongo digambarkan ulang dalam sistem SDSB, sebentuk judi yang dihalalkan negara di bawah kementrian sosial pada era Orde Baru. Pada babak ketiga, Alfin memindahan medium sablon dari kertas ke pangsit untuk menyajikan ide-ide dasar, pola pikir, lima jurus gerakan seni rupa baru, dan kutipan yang bisa dimakan supaya pengunjung memiliki pengetahuan instan atas ide-ide GSRBI. “Dalam Tiga Babak” merupakan bagian ke-dua dari seri pameran “Curated by LIR” yang bekerjasama dengan KKF. “Curated by LIR” adalah seri pameran yang dikurasi oleh LIR (Mira Asriningtyas & Dito Yuwono). Dalam seri ini terdapat tiga pameran tunggal dari: Kurniadi Widodo, Alfin Agnuba, dan Dimaz Maulana pada bulan September, Oktober, dan November 2018.
.
#seniman #jogja #agendaseni #agendajogja #acaraseni #jaringacara #infoseni #infojogja #seni #senirupa #lfl #lfl #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2S4f93y


CONVERSATION

Back
to top