• Temen Ngobrol #10; “Menelusur Akar Butoh” Gerakan...



• Temen Ngobrol #10; “Menelusur Akar Butoh”
Gerakan Seni Avant-Garde Jepang Setelah Perang Dunia II

Temen Ngobrol: Katsura Kan

Rabu 28 November 2018 | 13.00–15.00WIB

Tempat:
Ruang Kenong PKKH UGM
Yogyakarta
.
• Presentasi Pertunjukan Workshop Butoh Katsura Kan
“Listening with the Body”

Rabu 28 November 2018 | 16.00–17.00WIB

Tempat:
Ruang Pameran Lantai 2 PKKH UGM
.
Butoh muncul di Jepang setelah Perang Dunia II, sebagai hasil kolaborasi antara Tatsumi Hijikata dan Kazuo Ohno. Kemunculannya merupakan perlawanan terhadap kecenderungan dunia tari di Jepang ketika itu, yang menurut Hijikata terlalu meniru Barat dan mengikuti gaya tradisional noh.

Temen Ngobrol #10 menghadirkan Katsura Kan yang akan memberikan video lecture hasil penelitian tentang akar butoh sebagai gerakan #seni avant-garde Jepang setelah PD II, terutama masa 1950–1970-an.

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan yang dibingkai tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh @kalanaritheatre Kalanari Theatre Movement, dan kali ini bekerja sama dengan PKKH UGM, serta didukung Kalabuku.

Pada hari yang sama akan dipresentasikan pula pertunjukan hasil workshop butoh Listening with the Body oleh Katsura Kan yang berlangsung sejak 25 November. Para partisipan workshop akan mempresentasikan karya-karya pertunjukan pendek berdasar latihan yang dijalani selama empat hari. Dalam workshop, Kan mengajak partisipan berlatih meningkatkan kemampuan tubuh guna memanen “tingkah laku misterius” yang tersembunyi dalam kehidupan sehari-hari, lalu menciptakan koreografi dan laku performatif menarik dari sana. Workshop ini diselenggarakan oleh Kalanari Theatre Movement, Studio Plesungan dan Omahkebon, didukung PKKH UGM dan Kalabuku.

Katsura Kan adalah seorang maestro butoh dari Kyoto, termasuk dalam jajaran seniman butoh senior Jepang. Kan dikenal dengan eksplorasi “curious body”, satu cara untuk memahami arus utama butoh sebagai ide-ide gerakan dan koreografi. Kan mendirikan grup butoh “白虎社 / Byakkosha” pada 1979–1981, lalu melakukan perjalanan riset selama 20 tahun di Indonesia
.
#jogja #theatre #acaraseni #jaringacara — view on Instagram http://bit.ly/2r78FF2


CONVERSATION

Back
to top