Temen Ngobrol 24 Agustus 2019 | 15:00WIB Tempat: Sanggar...



Temen Ngobrol

24 Agustus 2019 | 15:00WIB

Tempat:
Sanggar @omah_srawung
Sumberan Rt: 04, Tamantirto
Kasihan Bantul
Yogyakarta

Narahubung:
899-8984-058
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre
.
**
Nngobrol tentang bagaimana seni pertunjukan, khususnya tari dan musik, tidak hanya sibuk berhadapan dengan ruang keseniannya sendiri, namun bergerak ke luar; berhadapan dengan masyarakat, lalu masuk ke dalamnya.

Keberhadapan tari dan musik dengan masyarakat tentu saja tak cukup hanya dengan menjalani pola-pola yang ada dalam budaya tontonan. Masyarakat tak bisa hanya diperlakukan sebagai penonton semata, yang biasanya cenderung dianggap pasif dan menerima begitu saja apa yang disuguhkan pertunjukan.

Kini telah banyak komunitas serta seniman tari dan musik yang bergerak meluas ke luar ruang keseniannya, berbaur dengan masyarakat, salah satunya melalui pendidikan kreatif (edukreatif). Para seniman itu mendayagunakan prinsip-prinsip yang beroperasi dalam ranah kesenian masing-masing untuk bergerak dan berdaya bersama masyarakat.

Hal inilah yang akan coba diobrolkan dalam Temen Ngobrol #12, yang akan menghadirkan Ratna Yulianti dan Ucok Hutabarat, dua orang seniman tari dan musik yang telah tebal pengalamannya bergerak bersama masyarakat, terutama anak-anak, melalui metode edukreatif.

Ratna Yulianti adalah founder Semesta Tari, Bandung (@semestatari) , yang bergerak dalam pembelajaran tari kreatif (creative dance) yang berorientasi pada proses dan menekankan kebebasan berekspresi dan gerak pribadi sesuai potensi dan pengalaman masing-masing.

Sedangkan Ucok Hutabarat adalah founder SULam (Sekolah Musik Alam) Yogyakarta @sulam.jogja , yang sejak enam tahun lalu melakukan pergerakan pendidikan musik untuk anak, dengan penekanan pada hak-hak anak untuk belajar, serta melawan eksploitasi anak yang kerap dilakukan justru dengan jargon “seni untuk anak”.
.
#jogja #jogjaevents #teaterjogja #tari #teater #parenting #kid #jaringacara #berandajogja #acaraseni #seni #jogjainfo #infojogja #musik #jogjaupdate #jogjapunyaacara #jogja24jam #senijogja #jogjaseni #eventseni #eventjogja #workshopseni #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/30klprC


CONVERSATION

Back
to top