Cropping Class #6 Arahmaiani Menemukan Kembali...



Cropping Class #6
Arahmaiani
Menemukan Kembali Pradnyaparamita

Rabu 4 September 2019 | 16:00 - 18:00WIB

Tempat:
INKUBATOR INISIATIF
Jl. Tirtodipuran No.46
Yogyakarta
.
**
Dalam Cropping Class #6 Inkubator Inisiatif mengundang Arahmaiani (Bandung, 1961) untuk berbagi perjalanan proyek seninya di Tibet.

Genap 1 dekade kini Arahmaiani bersama para biksu terlibat dalam proyek jangka panjang di dataran tinggi Qinghai, Tibet. Seiring dengan membesarnya upaya penghijauan dengan menanam pohon dan program lingkungan hidup, gerakan ini tidak hanya menyelamatkan masyarakat Tibet namun juga umat manusia se-Asia dari kekeringan mengingat Tibet adalah menara air Asia. Dalam proyek ini Arahmaiani bukan saja menemukan bagaimana praktik kesenian dapat digunakan sebagai media kritik namun juga sebagai aksi nyata atas kritik serta memantik transformasi realita. Arahmaiani menemukan kembali bagaimana para biksu di Biara Lab Gompa, Sekte Gelugpa masih melestarikan dan mempraktekkan warisan tradisi dan budaya yang mereka pelajari dari biara di Muara Jambi di masa kejayaan Borobudur. Inti ajaran tersebut terfokus pada pemahaman prinsip Pradnyaparamita di mana perempuan diposisikan sebagai simbol puncak ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.
Arahmaiani, jebolan FSRD ITB adalah seniman, feminis dan aktivis yang juga diketahui sebagai pelopor seni performans di Asia tenggara di era 80an. Karya-karyanya kerap mengkritisi permasalahan sosial, politik, reliji dan kemanusiaan serta telah dipamerkan dalam lingkup international. Saat ini Arahmaiani juga mengajar di Universitas Passau, Jerman.
.
#jogja #jogjaseni #jogjastudent #jogjainfo #infojogja #infoseni #acaraseni #jaringacara #seni #jogjaevents #jogjaistimewa #yogyakarta #yogyakartacity — view on Instagram http://bit.ly/30RBkhz


CONVERSATION

Back
to top