Cropping Class #8 MOELYONO Metode Gerakan Budaya Berbasis...



Cropping Class #8 MOELYONO
Metode Gerakan Budaya Berbasis Komunitas

Kamis 19 September 2019 | 15.30 – 17.30WIB

Tempat:
Inkubator Inisiatif
Jl. Tirtodipuran 46
Yogyakarta
.
Cropping Class atau Kelas Panen adalah ruang presentasi dan diskusi yang dipantik oleh perupa mengenai proses berkarya atau dapat juga mengenai topik seni rupa terkini. Tujuan dari kelas panen adalah untuk membagikan pengetahuan yang dimiliki seorang perupa kepada publik yang lebih luas.
.
**
Inkubator Inisiatif mengundang perupa Moelyono dalam Cropping Class #8 untuk mempresentasikan akar spirit dan metode gerakan budaya berbasis komunitas. Moelyono akan bercerita mengenai proyek seni yang sudah berlangsung sejak tahun 2000 yaitu ECCD (Early Childhood Care Development) Project, mengelilingi Indonesia, seperti Jawa Timur, Papua, Jogjakarta, Aceh, NTT, Maluku, Kalimantan Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

Moelyono (Tulungagung, 1957) adalah pionir seni rupa partisipatoris di Indonesia. Moelyono sudah menggunakan aktivisme dalam karyanya sejak tahun 1980-an. Menurut Moelyono, seni adalah medium pendidikan dan ekspresi untuk menciptakan dialog dan memancing masyarakat untuk berpikir kritis mengenai posisi dan peran mereka dalam masyarakat serta mendorong mereka untuk berani menyuarakan aspirasinya serta mengubah nasibnya sendiri.
.
Pada tahun 1993 Moelyono mendirikan Yayasan Seni Rupa Komunitas (YSRK) untuk mendukung aktivisme seninya, seperti pendampingan pendidikan seni, pendokumentasian, workshop, diskusi, festival seni anak dan pameran. Moelyono juga menerbitkan buku pada tahun 1997 yang diberi judul Seni Rupa Penyadaran.
.
Karya Moelyono mulai dipamerkan sejak tahun 1979, antara lain Jakarta Biennale (2006 & 2013), Bangkok Art Biennale 2018, Jogja Biennale 2019, serta berpameran tunggal antara lain “Seni Gambar Moelyono”, Galeri Lontar (1998), “Topografi Ingatan: Digital Lempung” di Koong Gallery, Jakarta (2010) dan Amok Tanah Jawa, Langgeng Art Foundation, Yogyakarta (2017).
.
#IIN #inkubatorinisiatif #croppingclass #presentasi #diskusi #seni #art #jogja #inkubasiseni #acaraseni #belajarbersamaiin #senirupa #sharingiscaring #jaringacara #infoseni #jogjainfo #jogjaistimewa #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2Id8i4m


CONVERSATION

Back
to top