German Film Club Kerjasama Kedai Kebun Forum (KKF) dengan Goethe...



German Film Club
Kerjasama Kedai Kebun Forum (KKF) dengan Goethe Institut Jakarta

Rabu 4 September 2019 | 19.00WIB

Tempat:
Aula Kedai Kebun Forum
Jl. Tirtodipuran 3, Yogyakarta

Terbuka untuk umum & gratis!

Mempersembahkan:
BAUHAUS - MODELL UND MYTHOS
(BAUHAUS - MODEL DAN MITOS)

Sutradara: Niels Bolbrinker & Kerstin Sutterheim, 2010, dokumenter, 104 menit, bahasa Jerman dengan subtitle bahasa Inggris

Diikuti diskusi / followed by discussion:

IDE BAUHAUS - DAN MAKNANYA DI INDONESIA (THE IDEA OF BAUHAUS – AND ITS RELEVANCE IN INDONESIA)

Pembicara / Speaker: Rizki Maulid Supratman* _(Prinsipal R.A.G.A.M – Konsultan Arsitektur, Asisten Dosen UNPAR)

SINOPSIS:
Bauhaus sampai sekarang termasuk struktur dasar dari arsitektur dan design modern. Tapi Bauhaus bukan hanya rumah putih berbentuk kubus dengan atap yang rata, kursi dari pipa baja atau lampu bulat. Bauhaus juga merupakan tempat pendidikan, yang sampai sekarang masih berfungsi sebagai model. Seniman-seniman terkenal seperti Wassily Kandinsky, Lyonel Feininger, Paul Klee, Oskar Schlemmer, Walter Gropius dan Mies van der Rohe pernah mengajar di sana.

Film ini memotret institusi modernitas artistik yang unik ini – dari letusan revolusioner setelah akhir Perang Dunia I sampai pembubaran dan emigrasi, para tokoh yang kabur karena alasan pekerjaan atau keterlibatan beberapa tokoh dalam Nazi Jerman. Masa-masa ini dikenang kembali, terutama oleh para mahasiswa Bauhaus, para dosen berbicara melalui materi-materi dari arsip.

Penggambaran kritis yang menyeluruh dari sasaran-sasaran estetika dan politis Bauhaus yang dipotret dalam film ini memberikan pandangan ke prinsip-prinsip esensi dari filosofi Bauhaus, konflik-konflik, yang menyebabkan pindahnya Bauhaus dari Weimar ke Dessau, pembubaran sekolah di jaman Nazi, pembangunan di negara Israel yang masih muda dan pembentukan mitos Bauhaus di USA.
.
#jogja #jogjaseni #jogjafilm #jogjaevents #jogjaartevent #jogjaevent #jogjainfo #infojogja #infoseni #acaraseni #film #jaringacara #infofilm #film #filmmaker #yogyakartacity #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/2jUwi3s


CONVERSATION

Back
to top