WICARA SENIMAN “Kisah dari Merapi” bersama Yennu Ariendra dan...



WICARA SENIMAN
“Kisah dari Merapi”
bersama Yennu Ariendra dan Gegerboyo

Rabu, 27 November 2019 | 18.00-20.00WIB

Tempat:
Panggung Jogja National Museum
Jl. Amri Yahya Gampingan
Wirobrajan Yogyakarta
.
**
Dalam karya mereka, baik yennuariendra @gegerboyo, mengangkat kisah seputar Merapi.

Gegerboyo membicarakan Geger Boyo (baca: gègèr boyo), areal perbukitan yang menyerupai punggung buaya di kawasan Merapi. Geger Boyo selama ini dipercaya sebagai tameng yang melindungi kawasan pemukiman warga dari dampak letusan merapi. Namun, tameng itu sudah hancur karena erupsi. Gegerboyo lalu mengulik hubungan antara ketiadaan tameng (baik secara fisik maupun kasat mata) dengan pergeseran pemaknaan atas alam, kosmologi Jawa, serta kehidupan sosial di Merapi.

Sementara Yennu mengajak kita untuk melihat Gruduk Merapi. Gruduk Merapi adalah ekspresi kesenian yang diinisiasi oleh warga Ndeles, Klaten, Jawa Tengah. Gruduk Merapi ini sendiri digunakan oleh warga Ndeles untuk merespon pertambangan pasir yang berlangsung di wilayah. Atau dengan kata lain, Gruduk Merapi bisa dilihat sebagai bentuk perlawanan lewat ekspresi-ekspresi kesenian.
.
#jogja #jogjaseni #seni #biennalejogja #senijogja #eventseni #eventjogja #acaraseni #jaringacara #biennalejogja2019 #infoseni #biennaleequator5 #infojogja #biennalejogjaxv #jogjainfo #doweliveinthesameplayground #yogyakarta #yogyakartacity — view on Instagram http://bit.ly/2roZdQB


CONVERSATION

Back
to top