Pameran Foto Tunggal ‘Shamow’el Rama Surya’ Berjudul: HOME - Yogyakarta: “Street Mythology”
.
29 Februari - 21 Maret 2020

Pembukaan:
Jumat 28 Februari 2020 | 19.00WIB

Tempat:
Galeri Kedai Kebun Forum
Jl. Tirtodipuran No.3 Yogyakarta

Terbuka untuk umum dan gratis ~Diskusi Santai bersama Shamow’el Rama Surya
Pemantik Diskusi:
Kurniadi Widodo

Sabtu 29 Februari 2020 | 13.00WIB

Tempat:
Aula Kedai Kebun Forum

Pengantar oleh:
Shamow’el Rama Surya
.
**
Saya pindah domisili dari Jakarta ke Yogyakarta pada Juli 1998. Tujuan saya adalah menempuh pendidikan pada Jurusan Sastra Inggris di Universitas Sanata Dharma. Walaupun saya tidak menyelesaikan kuliah tersebut, namun dalam dua tahun itu, saya malahan menyelesaikan sebuah proyek dokumentasi fotografi.

Pada saat itu sedang berlangsung masa transisi dari pemerintahan otoriter ke demokrasi. Kejatuhan kekuasaan Soeharto telah membuka pintu kebebasan, ruang berekspresi, dan hak bersuara. Rakyat Indonesia bersiap memulai pemilu bebas pertamanya, euforia kebebasan terjadi dimana-mana.

Rutinitas saya adalah naik sepeda dari Patangpuluhan menuju kampus di Gejayan. Berbagai acara seni dan budaya saya datangi dan saya dokumentasikan. Begitu pula dinamika kehidupan masyarakat Yogya, pertunjukan seni, dan ekspresi budaya rakyat di jalanan. Dalam dua tahun itu, terkumpul banyak foto yang terekam dalam negatif film hitam putih. Rekaman ini saya himpun dalam portofolio yang kemudian saya beri judul “Yogyakarta: Street Mythology”. Portofolio itu dipamerkan pertama kali dalam sebuah pameran foto tunggal di Nikon Image House Gallery, Kusnact, Switzerland pada 2000. Secara utuh, akhirnya karya ini mendapatkan kesempatan untuk dipamerkan di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari jasa baik Yustina Neni dan Agung Kurniawan. Melalui kebaikannya itu, koleksi karya saya dapat dipamerkan di Kedai Kebun Forum, pada 28 Februari 2020. “Yogyakarta: Street Mythology”.
.
#photography #fotografia #jogjaphotography #pameranseni #acaraseni #jaringacara #infoseni #yogyakarta — view on Instagram http://bit.ly/383MLVS



edit

Tidak ada komentar: